Contoh 「Crown official website」Tari Kreasi Tunggal

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Indonesia membagi warna

TCrown officiCrown official wCrown official websiteebsiteal websiteari Trunajaya berasal Crown official websitedari Bali. Tarian ini menggambarkan seorang Crown official websitepemuda yang tengah beranjak dewasa. Secara lebih jelas, tarian ini ingin menunjukkan bagaimana tingkah laku seorang pemuda yang berupaya menarik hati perempuan.

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak kesenian tari. Hampir di setiap daerahnya bisa ditemui jenis tarian yang indah dan beragam.

Tari Dewi Anjasmara berasal dari Jawa Barat, khususnya Sunda. Tarian ini menggambarkan kisah seorang putri yang bernama Dewi Anjasmara yang tengah beranjak dewasa dan mulai menyukai seorang pria. Tarian ini ditampilkan oleh seorang perempuan.

Melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tari kreasi tunggal merupakan jenis tarian kreasi yang dilakukan oleh seorang penari, baik perempuan ataupun pria.

Selain tari tradisional, Indonesia juga memiliki banyak contoh tari kreasi tunggal. Apa sajakah itu?

Tari Bondan berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini menggambarkan kisah seorang ibu yang sedang mengasuh anak, memberinya kasih sayang dan merawatnya hingga dewasa. Tidak hanya itu, tarian ini juga menggambarkan sifat keibuan yang dimiliki perempuan.

Kesenian tari tersebut ada yang masih bersifat tradisional, namun ada pula yang sudah dikreasikan. Jenis tarian ini dikenal dengan nama tari kreasi.

Tari kreasi tunggal, Gambir Anom berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini mengisahkan tentang Irawan, anak Arjuna yang sedang jatuh cinta kepada seorang perempuan.

Seorang penari yang menampilkan tari kreasi tunggal menjadi pusat perhatian penonton. Maka dalam gerakannya haruslah luwes dan indah. Selain itu, gerakan berpindahan tempat dan penguasaan panggungnya juga sangatlah penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Mengutip dari buku Mengenal Seni Tari (2019) karya Keni Andewi, tari kreasi adalah kesenian tari yang mengalami pembaharuan. Tari kreasi merupakan pengembangan dari seni tari tradisional.

Tari kreasi bisa dilakukan secara individu, berpasangan atau berkelompok. Untuk tari kreasi yang dilakukan secara individu sering disebut sebagai tari kreasi tunggal.

Tarian ini menggambarkan kisah prajurit yang hendak pergi ke medan perang. Tarian ini juga menggambarkan ketangguhan seorang pahlawan muda saat akan berperang.

Walaupun tarian ini mengisahkan seorang pemuda yang beranjak dewasa, namun Tari Trunajaya ditarikan oleh seorang perempuan yang dirias seperti layaknya pria.

Tari Baris Tunggal berasal dari Bali. Tarian ini biasanya dibawakan oleh seorang pria yang terlihat gagah dan kuat seperti seorang prajurit.

Baca juga: Contoh Tari Kreasi Berpasangan

Biasanya tarian ini dibawakan oleh seorang pria, namun tidak jarang pula tarian ini ditampilkan oleh seorang perempuan.

Ilustrasi Tari Bondan

Baca juga: Pengertian dan Jenis Tari Kreasi