Ap「Baccarat Strategy Forum」a Itu Fenomena Aurora?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Indonesia membagi warna

KarBaccarat Strategy ForumeBaccarat Strategy Forumna memang Aurora Baccarat Strategy ForumdBaccarat Strategy Forumi sana terkesan lebih terkenal. Ini dipengaruhi banyak daratan di belahan bumi utara yang mana aurora bisa disaksikan.

Ketika ada ledakan besar di permukaan matahari, miliaran partikel terlontar. Lontarannya berupa cahaya yang merambat begitu cepat, mencapai 800 kilometer per detik.

Ini bisa dilihat di negara bagian selatan Bumi, seperti Antartika, Amerika Selatan, Australia, hingga New Zealand.

Pertemuan medan magnet dengan partikel-partikel ionosfer yang menyimpan partikel dari matahari ini, menghasilkan cahaya-cahaya berwarna, seperti hijau, biru, merah muda, dan ungu.

KOMPAS.com - Aurora adalah fenomena alam berupa cahaya menyala-nyala dan menari-nari di langit malam. Penampakannya begitu indah dan memukau.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), aurora yang berada di kutub selatan disebut dengan sebagai Aurora Australis atau cahaya selatan. Biasanya aurora berwarna hijau, kadang berwarna kemerahan seperti cahaya mahari terbit.

Sayangnya, tidak banyak orang yang pernah menikmatinya. Fenomena ini hanya bisa dilihat di negara yang jauh dari garis katulistiwa.

Dilansir dari Kompas.com (28/03/2019), tempat-tempat populer untuk menyaksikan aurora ada di belahan bumi utara, seperti Norwegia, Finlandia, Skotlandia, Swedia, Islandia, dan Inggris bagian utara.

Lalu di di Selandia Baru, Kepulauan Falkland yang terletak sekitar 643 kilometer lepas pantai timur Argentina.

Kedua jenis Aurora ini hampir tidak ada bedanya. Perbedaannya hanya terletak pada tempat terjadinya fenomena alam ini.

Untuk tempat menyaksikan aurora di belahan bumi selatan ada di Pulau Stewart di ujung Selandia Baru. Pulau yang berpenduduk sedikit ini minim polusi cahaya sehingga aurora tampak lebih jelas.

Baca juga: Langka, Aurora Berlangsung di Langit Finlandia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Atmosfer di sekitar garis khatulistiwa atau ekuator tidak mengandung medan magnet. Jadi fenomena ini hanya terjadi di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Aurora terjadi karena atmosfer bumi berinteraksi dengan partikel yang dipancarkan dari matahari.

Untuk di kutub utara dikenal dengan Aurora Borealis atau cahaya utara. Nama Borealis berasal dari bahasa Yunani boreas yang artinya angin utara.

Itulah yang disebut dengan aurora.

Lalu, partikel-partikel dari pancaran ini menumpuk di ionosfer, lapisan atmosfer yang mengandung ion. Sebagian dari ionosfer juga bertumpuk dengan magnetosfer atau medan magnet bumi.

Baca juga: Tak Hanya di Utara, Aurora Juga Bisa Disaksikan di Bumi Selatan

Fenomena Aurora ini tidak bisa dilihat di Indonesia. Karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa.

Mengapa begitu? Mari simak proses terjadinya...