Perbedaan Pasar Kon「Indonesian Football」vensional dan Modern

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Indonesia membagi warna

IndoneIndoneIndonesian Footballsian Footballsian FootballhIndonesian Footballarga dIndonesian Footballi pasar konvensional tidak mutlak, sedangkan harga di pasar modern adalah mutlak. Di pasar konvensional dapat dilakukan tawar-menawar harga antara pembeli dan penjual. Sehingga terjadi harga kesepakatan bersama. 

Pasar konvensional adalah pasar tradisional yang dikenal manusia sejak zaman dulu, sedangkan pasar modern adalah pasar yang lebih modern seperti supermarket. Berikut adalah perbedaan pasar konvensional dan pasar modern:

Dilansir dari Investopedia, pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih melakukan transaksi ekonomi berupa penjualan, penawaran, dan pembelian.

Sedangkan di pasar modern, harga yang dipasang sudah mutlak atau tidak dapat berubah-ubah lagio. Tidak ada aktivitas tawar-menawar harga. 

KOMPAS.com - Kemanakah kamu pergi jika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan dan peralatan rumah tangga? Kemudian apa perbedaan pasar konvesional dan modern?

Adapun pasar modern memiliki manajemen yang lebih baik, di mana terdapat petugas kebersihan dan banyak tempat sampah. Petugas kebersihan membersihkan sampah di seluruh pasar serta kamar mandi umum, sehingga kebersihannya lebih terjaga.

Hal pertama yang membedakan pasar konvensional dan pasar modern adalah kebersihan. Pasar konvensional atau pasar tradisional biasanya tidak memiliki kebersihan yang baik karena kebersihan ditanggung sediri-sendiri oleh pedagang dan pembeli.

Baca juga: Jenis-Jenis Pasar

Di pasar konvensional jarang disediakan tempat sampah, jika adapun jumlahnya sedikit. Hal ini menyebabkan kebersihan di pasar konvensional kurang baik.

Baca juga: Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Pasar konvensional tidak memiliki tata ruang yang rapi. Kamu dapat melihat letak-letak pedagang bercampur. Sedangkan pasar modern lebih tertata rapi sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan barang yang ia cari.

Pasar tradisional melakukan pamasaran dengan cara yang sederhana misalnya menawarkan produk langsung kepada calon konsumen yang lewat dan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produknya.