Mengenal Jenis Jambu di Indonesia dan Musimnya

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Indonesia membagi warna

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ilustrasi jambu bol

Jenis-jenis jambu air biasanya memiliki buah dengan bentuk pangkal yang kecil dan bagian bawahnya melebar.

Ada pula jenis Jambu Bol yang masih masuk famili jambu air. Jambu jenis ini punya daging yang lebih padat tapi tetap lembut. Sementara jambu air lainnya cenderung renyah dan berair.

Jambu air penggunaannya bermacam-macam, tergantung tingkat kematangannya. Jika jambu yang dipanen sudah matang, biasanya akan dimakan langsung sebagai buah meja.

Jambu Citra misalnya, biasanya memiliki ukuran buah yang besar dan rasa yang super manis. Sementara Jambu Bol punya ukuran yang lebih besar lagi.

Jambu air yang termasuk dalam genus Syzygium memiliki banyak sekali jenis.

Sementara, Jambu Mawar punya bentuk yang sedikit berbeda dari jambu air biasa. Bentuknya seperti lonceng dengan aroma wangi yang cukup tajam.

KOMPAS.com – Buah jambu merupakan salah satu komoditas buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Jenisnya pun banyak sekali. Namun, ada dua jenis jambu yang paling familiar bagi orang Indonesia.

Lain lagi dengan Jambu Cincalo, daging buahnya cenderung tebal dan padat.

Bagian kulit luar jambu air biasa berwarna putih hingga merah. Dengan daging buah yang putih, dan seperti namanya, sangat berair.

Baca juga: Resep Asinan Jambu Segar, Cocok untuk Cuaca Panas

Jambu monyet punya ciri khas berupa kacang mete di bagian bawahnya yang menyerupai hidung monyet.

Awang menyebut beberapa jenis jambu air yang paling cocok dengan selera orang Indonesia. Ada yang rasanya manis, ada juga yang sedikit sepat dan asam, hingga beraroma harum.

Baca juga: Resep Setup Jambu Segar Penghalau Panas, Makanan Manis dan Aromatik

“Jambu yang paling banyak adalah golongan jambu biji (Psidium Guajava) dan jambu air (Syzygium Aqueum),” kata Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) Awang Maharijaya ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Sementara, jambu air disebut berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain jambu biji dan jambu air, masyarakat Indonesia juga familiar dengan jenis jambu monyet (Anacardium Occidentale).

“Kalau yang dimaksud keluarga Syzygium wah banyak sekali. Yang paling terkenal ya Jambu Citra, Jambu Deli, Jambu Cincalo, Jambu Semarang, Jambu Bol, Jambu Mawar, dan lain-lain,” papar Awang.

Jambu biji dikenal berasal dari wilayah tropis, seperti dari Brazil atau Amerika Selatan yang kemudian disebarkan ke Indonesia.

Perbedaan jenis-jenis jambu ini tak hanya dari rasa saja tapi juga bentuk, ukuran, dan aroma.

Sementara jika jambu belum terlalu matang, maka biasa dijadikan olahan rujak atau asinan karena rasanya yang masih sepat.

“Hampir semua daerah di Indonesia dapat menghasilkan jambu. Ada beberapa daerah yang khas dengan jambu-jambunya seperti Kendal, Demak, Semarang, Deliserdang, dan lain-lain,” sambung Awang.